Sewa Apartemen, Rumah & Villa di Bandung Dekat Goa Jepang

MARI BERJELAJAH

Goa Jepang
Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, Ciburial, Cicadas, Bandung, Cicadas, Bandung
Wisata Alam
tentang Goa Jepang

Penjajahan Belanda selama 350 tahun dan Jepang selama 3,5 tahun meninggalkan jejak sejarah yang banyak terlihat di Indonesia. Mulai dari bangunan hingga cerita kelam tersisa, sebagian merupakan kisah yang terlalu buruk untuk dikenang. Diantara kisah tersebut tersisa di Goa Jepang yang terdapat di Taman Hutan Raya Juanda, Bandung.
Kawasan Taman Hutan Raya merupakan kawasan yang rindang dan sejuk karena banyak ditumbuhi pepohonan. Untuk menuju Goa Jepang, anda harus berjalan kurang lebih 300 meter mulai dari pintu gerbang Taman Hutan Raya. Goa Jepang merupakan bukti kekuasaan Jepang setelah pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat. Di goa yang sempit dan gelap serta memiliki jalur seperti labirin ini terdapat ruang interogasi, penyiksaan, dan penyekapan para pejuang. Kondisi Goa Jepang yang sempit dan gelap membuat pengunung mau tidak mau harus menggunakan pemandu untuk menjelaskan sekaligus memandu anda di dalam agar tidak tersesat. Total ada 18 bunker di dalamnya yang masih dalam keadaan utuh serta untuk berbagai fungsi berbeda seperti ruang tembak, gudang, dapur, tempat pengintaian dan lainnya. 
Suasana di dalam Goa Jepang tidaklah pengap. Namun ada banyak lorong panjang dan persimpangan yang dapat membuat siapapun tersesat ketika pertama kali mengunjunginya. 
Kini Goa Jepang masih utuh sama seperti bentuk aslinya. Tidak banyak yang berubah seperti bangunan modern dan lainnya. Memasuki Goa Jepang seperti menatap ulang sejarah. Tidak jauh dari Goa Jepang juga ada goa untuk istirahat para romusha, dengan keadaan yang bahkan lebih menyedihkan.