Sewa Apartemen, Rumah & Hotel di Bandung, Jawa Barat | Travelio.com

Kreatifitas sebuah kota, berikan inspirasi

Bandung

JAWA BARAT, INDONESIA

Akomodasi
20 Akomodasi
Objek Wisata
111 Area
Objek Terbaik
Belanja
Zona Waktu
UTC+7
Suhu Siang Hari
30° C
Suhu Malam Hari
23,5° C
Apartment in Area Bandung
See All >

"Gaya hidup modern dengan nuansa budaya lokal yang bercampur harmonis dalam sebuah kota. Perjalanan mengesankan di kota kembang, Bandung akan Anda temukan."

3

Tentang Bandung

Bandung merupakan Ibu Kota propinsi Jawa Barat. Kota Bandung terkenal dengan julukan kota kembang dan kecantikan para mojang Bandung. Dunia fashion dan kuliner yang ada di Bandung telah menjadi salah satu tujuan orang datang ke kota ini. Bandung juga sering dikenal sebagai salah satu kota yang kreatif karena banyak sekali kegiatan menarik yang sering diselenggarakan oleh muda mudi Bandung di gedung sampai di jalanan. Udara sejuk dari kota Bandung juga menjadi kesan tersendiri. 

Sejarah di Bandung

Nama Bandung berasal dari istilah “Banda Indung” yang dalam bahasa sunda, Banda berarti seisi alam semesta, Indung berarti bumi. Jika digabungkan, Bandung berarti bumi dan isinya. Banyak istilah lain yang kemudian muncul karena keindahannya, mulai dari “Kota Kembang”, karena kota bandung diwarnai dengan bunga-bunga yang indah sampai “Paris Van Java”, yang menggambarkan indahnya kota Bandung layaknya Paris di Pulau Jawa. Kota Bandung mulai dijadikan sebagai kawasan pemukiman sejak pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, oleh H.Willem Daendels  yang merupakan Gubernur Jendral saat itu. Beliau mengeluarkan surat keputusan pada tanggal 25 September 1810  tentang pembangunan sarana dan prasarana untuk kawasan tersebut. Dengan demikian, tanggal 25 September diperingati sebagai hari jadinya kota Bandung. Bandung juga menjadi tempat diadakannya Konfrensi Asia Afrika (KTT) untuk pertama kalinya pada tanggal 18 April 1955

Wilayah di Bandung

Bandung Barat

Kawasan ini didominasi oleh sejumlah pabrik dan pemukiman. Yang termasuk dalam kawasan Bandung Barat antara lain Padalarang, Cimahi, dan daerah Kota Baru Parahyangan yang merupakan kota pendidikan baik pusat ilmu pengetahuan maupun teknologi.

Bandung Utara

Wilayah utara merupakan salah satu pusat keramaian di Bandung. Wilayah ini mencakup Lembang, Dago, Ciumbuleuit dan Setiabudi. Sebagian besar objek wisata menarik terutama wisata belanja dan kuliner terdapat di wilayah Bandung Utara.

Bandung Timur

Yang termasuk dalam wilayah Bandung Timur adalah Cilengkrang, Cibiru dan Cileunyi.

Bandung Selatan

Wilayah Bandung selatan terdiri dari Soreang, Pangalengan, dan Ciwidey lokasi Kawah Putih dan Kebun Strawberry yang indah. Di Pangalengan terdapat sungai Cisangkuy yang biasanya dijadikan tempat rafting.

Khas dan Budaya di Bandung

Budaya Sunda yang mewarnai kota Bandung. Bahasa Sunda akan terdengar dimanapun saat kita berada disana. Panggilan ‘teteh’ untuk perempuan dan “mang’ untuk pria dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan penduduk asli Bandung, misalnya saat berbelanja atau menanyakan jalan. Selain bahasa Sunda yang sangat khas, alat musiknya juga sangat terkenal. Ya, Angklung, sudah terkenal tidak hanya di dalam negeri tapi sampai ke luar negeri. Angklung menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Bandung, dan Mang Udjo membantu anak muda Bandung untuk melestarikan angklung dengan membuka sebuah saung untuk belajar dan menampilkan kebudayaan Jawa Barat seperti wayang dan tari topeng.

Tempat rekomendasi wisata budaya: Saung Angklung Udjo, Jl. Padasuka No 118, Bandung Timur.

Wisata Alam di Bandung

Bandung memiliki objek wisata alam yang indah, terutama daerah Bandung Utara dan Bandung Selatan. Sangking indahnya, banyak pengunjung dari luar kota yang datang hanya untuk berfoto bersama keluarga, teman atau pasangan mereka, Beberapa gunung, danau, kebun dan curug menjadi pilihan wisatawan.

Rekomendasi beberapa tempat wisata alam di Bandung:

Tangkuban Perahu

Gunung yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Bentuk gunung yang menyerupai perahu terbalik, menjadi keindahan dan keunikan tersendiri dari objek wisata yang satu ini.

Situ Patenggang

Anda dapat menikmati keindahan Situ Patenggang. Tidak hanya melihat saja, tapi Anda juga akan diajak berkeliling danau dengan perahu. Situasi yang sangat cocok untuk Anda yang ingin melepaskan penat dan beristirahat sejenak di tengah danau, dengan hembusan angin sejuk dari Situ Patenggang.

Kebun Strawberry Ciwidey

Anda bisa ber-agrowisata dengan menikmati kebun strawberry. Hampir sepanjang jalan rumah penduduk menyediakan wisata agro yang menawarkan Anda untuk memetik buah strawberry segar secara langsung, sepuasnya, sambil membelinya untuk cemilan di jalan ataupun oleh-oleh.

Curug Dago

Walaupun ketinggiannya hanya sekitar 10 meter, namun tetap terlihat indah dengan udara yang sejuk dan alami.

Kawah Putih

Objek wisata yang terkenal dengan pemandangan kawah yang indah dan menjadi tujuan calon pengantin untuk melakukan foto pre-wed mereka

Wisata Kuliner dan Tempat Makan di Bandung

Bandung memiliki banyak sekali makanan tradisional atau makanan khas salah satunya nasi timbel. Ciri khas makan ala Sunda, Jawa Barat adalah identik dengan daun, lalapan dan sambal terasi. Makanan camilan khas Bandung juga sangat bervariasi dan memiliki cirri khas tersendiri, berikut beberapa makanan khas kota Bandung:

Nasi Timbel

Nasi yang dibungkus dengan daun pisang, dimakan bersama tempe, tahu, ayam, lalapan dan sambal terasi.
Rekomendasi tempat: The Peak, Kampung Daun, Sapu Lidi, Sindang Reret, dan Nasi Timbel Istiqomah.

Batagor

Gabungan baso dan tahu yang digoreng renyah, disantap dengan bumbu kacang .
Rekomendasi tempat: Batagor Riri, Jalan Burangrang No.41 

Siomay

Terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri, dinikmati dengan saus kacang yang melelh di mulut, dengan perasan jeruk nipis sebagai pendamping sajian.
Rekomendasi tempat: Batagor & Siomay Kingsley, Jalan Veteran No.25, Bandung, Jawa Barat 40112, Indonesia

Mie Kocok

Mie yang di rebus  dan dikocok, ditambah urat atau kikil sapi, dengan tauge, bakso dan daun bawang. Kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi dan ditambahkan bawang goreng serta jeruk nipis sebagai pelengkap.
Rekomendasi tempat: Mie Kocok Mang Dadeng, JL.Banteng (KH Ahmad Dahlan), No. 67, Bandung, Indonesia.

Es Campur

Ketan, alpukat, nangka, gula, mutira agar-agar, es batu, kelapa muda serut, dan susu.
Rekomendasi tempat: Es Oyen 18, Jalan Sukajadi bawah, dekat pertigaan (percabangan) antara Jalan Sukajadi dan Jalan Sederhana.

Surabi

Untuk yang manis dengan gula cair, dan untuk yang asin dengan oncom (bisa dengan toping lain seperti coklat, sosis, keju, dll)
Rekomendasi tempat: Surabi Enhai - Jl. Dr. Setiabudi (Samping Kampus NHI) Bandung Utara

Colenak (dicocol enak)

Peuyem/tape singkong yang dimakan dengan gula merah. 
Rekomendasi tempat: Colenak Murdi Putra, Jl. Ahmad Yani 733, Bandung 

Wisata Belanja dan Mall di Bandung

Bandung terkenal dengan fashion. Tidak heran jika ada berkunjung ke kota Bandung melihat hampir semua factory outlet ramai dengan pengunjung. Jangan kaget jika Anda menjumpai beberapa kawasan yang sepanjang jalannya adalah outlet atau mall, sehingga dari toko ke toko dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Berikut ada beberapa rekomendasi tempat wisata belanja di Bandung:

Rumah Mode

menjual berbagai pakaian dengan harga yang terjangkau.

Kawasan Cihampelas

Daerah yang sepanjang jalannya dipenuhi dengan factory outlet. Perjalanan shopping Anda bisa diakhiri di Cihampelas Walk (Ciwalk).

Cibaduyut

Bagi Anda pecinta sepatu dan tas, tertuma yang berbahan kulit, Cibaduyut menjadi pilihan yang tepat.

Paris Van Java Mall (PVJ)

Mall besar yang ada di Bandung dan selalu ramai dengan pengunjung, terutama pada malam hari.

Dago

Merupakan pusatnya factory outlet. Salah satu jalan di daerah Dago yang memiliki banyak factory outlet adalah Jalan Riau.

Pasar Baru Trade Center

Jika Anda adalah orang yang sabar dan senang melakukan tawar-menawar untuk mendapatkan harga yang super murah, silahkan berbelanja di  Pasar Baru-Bandung. Banyak wisatawan Malaysia dan Singapura yang berbelanja di Pasar Baru-Bandung, seperti layaknya pasar baru di Jakarta yang selalu menarik minat masyarakat.

Tempat Hiburan Malam di Bandung

Sierra Café & Lounge

Terletak di Jl. Bukit Pakar Timur No. 33, Bandung, Jawa Barat 40198, Indonesia. Kafe yang satu ini memiliki suasana yang romantic, sehingga cocok bagi Anda yang ingin makan malam bersama pasangan.

Score Embassy

Terletak di Jl Cihampelas 160 Cihampelas Walk Bl SL/3-A, Cipaganti, Coblong. Memiliki pencahayaan yang menakjubkan dengan lantai dansa yang membuat Anda ingin menari. Berbagai music dimainkan sepanjang malam oleh DJ, dari music electro, R&B sampai music reggae.

Public Bar

Berlokasi di Jl. Riau no 90 Bandung. Anda dapat menikmati aneka makanan dan minuman sambil bersantai bersama teman.

Paskal Hyper Square

Merupakan food court yang besar dengan aneka makanan yang tersedia. Berlokasi di Jl. Pasirkaliki. 

Transportasi di Bandung

Angkutan kota (Angkot)

Angkot adalah transportasi yang paling umum di Bandung. Tarif angkot dimulai dari Rp 2.500, tergantung jarak tujuan Anda.

Taksi

Banyak taksi di Bandung yang tidak menggunakan argo dan menawarkan harga yang lebih mahal. Pastikan taksi yang Anda gunakan, menggunakan argo. Sebaiknya Anda menggunakan taksi Blue Bird jika berada di Bandung. Tarif sama dengan yang lainnya, tergantung jarak dan waktu perjalanan Anda.

Bus DAMRI

Bus DAMRI melayani rute hampir ke seluruh pelosok kota Bandung. Tarif per penumpang berkisar antara Rp 2.000 untuk kelas ekonomi dan Rp 3.000 untuk yang menggunakan AC.

Sewa mobil

Harga sewa mobil mulai dari Rp 350.000 per hari, tergantung jenis mobil yang digunakan. Jika hendak menyewa mobil untuk digunakan sendiri tanpa supir, akan lebih baik bagi Anda untuk mempelajari rute Bandung lebih dalam sebelumnya. Hal tersebut perlu diperhatikan, karena di Bandung cukup banyak jalan satu arah dan kurangnya penunjuk arah

Tips Wisata di Bandung

  • Anda dapat menggunakan jasa mobil travel atau sejenisnya yang dapat membawa Anda menuju objek-objek wisata menarik di Bandung.
  • Objek yang menarik cukup banyak dan tidak semua berdekatan lokasinya. Dengan demikian, disarankan minimal Anda menginap 1 malam agar tidak terlalu lelah, dan puas karena sudah berkeliling kota Bandung dan Lembang.
  • Untuk menghemat waktu, menginaplah di kawasan yang terdapat banyak factory outlet atau tempat makan, sehingga Anda bisa mampir walaupun malam hari dan langsung jalan kaki ke hotel jika Anda sudah merasa lelah.
  • Jangan lupa membawa baju hangat dan jas hujan atau paying, karena cuaca dan udara di Bandung sulit diprediksi. Ada beberapa wilayah dengan udara yang dingin seperti daerah Lembang.
  • Jangan berjalan sendirian di kawasan Nanjung, Cibeureum, Padalarang, Lembang, dan Maribaya saat malam hari, karena terdapat banyak geng motor yang berbahaya.