Sewa Apartemen 2 Bedroom Bulanan in Gorontalo Near Makam Aulia Male Ta’ Ilayabe | There is Always a Discount For Members

Di Kota Gorontalo terdapat 23 situs cagar budaya yang telah dimasukkan dalam Data Base BPCB Gorontalo. 3 diantaranya adalah situs peninggalan yang berupa makam dan benteng. 3 situs tersebut adalah Makam Aulia Male Ta’ Ilayabe yang berada di Leato, Makam Aulia Ju Panggola dan Benteng Otahana yang berada di Dempe.

Sejarah Makam Aulia Male Ta’ Ilayabe

Makam Aulia Male Ta’ Ilayabe nerupakan sebuah makam dari seorang Hulubalang dari kerajaan Gorontalo yang bernama Tulutani Male yang memiliki gelar Ta Ilayabe yang arti katanya berarti orang yang dikipas. Gelar ini diberikan karena jasanya yang dapat menaklukkan Raja Ternate sehingga Gorontalo dapat dibebaskan dari jajahan. Raja ternate setuju untuk melepaskan Gorontalo ketika sang hulubalang menancapkan ujung kaki ke tanah hingga keluarlah air dan mengancam akan menenggelamkan tanah Ternate jika Gorontalo tidak dilepaskan. Hal ini dikarenakan Raja Ternate yang tengah menjajah Gorontalo menolah upeti yang diberikan oleh Tulutani Male. Ketika Beliau marah besar, dia meminta untuk dikipasi agar amarahnya meredam.

Keistimewaan Makam Aulia Male Ta’ Ilayabe

Setiap tempat mempunyai keistimewaan termasuk objek wisata ini. Makam Aulita Male Ta’ Illayabe dikatakan sempat berpindah tempat. Sama seperti makam keramat pada umumnya, makam ini juga dikunjungi oleh banyak peziarah. Bukan hanya yang berasal dari daerah sekitar, namun juga daerah lainnya misalnya Jakarta, Ambon, Manado, Palembang hingga ada yang datang dari Malaysia dan Singapura. Puncak ziarah adalah ketika hari pertama di bulan Ramadhan.