Rent Apartments, Houses & Villas in Solo (Surakarta) | Daily Monthly Yearly Rent

Pesona Kota Batik yang khas dan memikat

Solo (Surakarta)

JAWA TENGAH, INDONESIA

Accommodations
20 Accommodations
Tourist Destinations
80 Area
Top Destinations
Gunung
Time Zone
UTC+7
Afternoon Temperature
31° C
Night Time Temperature
21° C
Apartment in Solo (Surakarta)

"Rasakan petualangan, Rasakan kenikmatan hidup di kota Spirit Of Java”

3

Tentang Solo (Surakarta)

Kota yang terletak di Jawa Tengah ini juga dikenal dengan nama Surakata. Kota Solo merupakan jalur strategis yang menghubungkan Kota Yogyakarta dan Kota Surabaya karena terletak diantara tiga gunung yaitu, Gunung Lawu, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dan tepat di tepi Sungai Bengawan Solo. Melihat letak geografisnya ini, Kota Solo menjadi daerah yang subur.

Selain terkenal dengan objek wisata alam, Kota Solo juga dipenuhi dengan nuansa sejarah dan budaya  Jawa Kuno.  Ketika Anda berkunjung ke Kota Solo, Anda akan terbiasa mendengar bahasa Jawa Solo yang halus. Selain terkenal dengan Keraton Solo, kota ini memiliki batik yang selalu dicari oleh banyak orang seperti, Batik Keris dan Batik Danarhadi. Tidak heran bila Solo disebut sebagai “Solo, The Spirit of Java” dan “ The City of Batik”

Wisata Sejarah dan Budaya di Solo (Surakarta)

Keraton Kasunan Surakata
Keraton Surakata dibangun oleh Pakoe Boewono II pada tahun 1745 masehi. Di dalam keraton ini,  Anda dapat melihat bebagai koleksi peninggalan kerajaan Mataran yang cantik seperti, alat perang, alat music, hingga kereta kencana. Keraton Surakata terletak di kelurahan Baluwarti, Surakata dan dibuka untuk umum setiap hari Pkl 08.30-14.00, hari minggu Pkl 08.30-13.00 dan tutup pada hari Jumat. Untuk masuk kedalam Keraton Surakata, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000.

Museum Batik Danar Hadi Solo
Kota Solo terkenal dengan keindahan motif dan corak batiknya. Di museum ini, Anda tidak hanya melihat batik Solo saja, namun juga berbagai jenis kain batik dari seluruh nusantara. Koleksi batik di museum ini mencapai 10.000 helai kain batik. 

Taman Sriwedari
Taman di kecamatan Lawiyan ini menyimpan banyak cerita sejarah. Di kawasan Taman Sriwedari terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari, tempat dimana Anda dapat menonton pertunjukan seni wayang bercerita tentang Mahabarata dan Ramayana. 

Wisata Alam di Solo (Surakarta)

Grojongan Sewu Tawangmangu
Terletak di sisi barat Gunung Lawu, kabupaten Karanganyar, air terjun setinggi 80 meter di dalam kawasan hutan wisata seluar 20 hektar ini sangat indah. Harga tiket masuk Grojongan Sewu Tawangmangu adalah Rp 18.000 per orang.

Bengawan Solo
Sungai terpanjang di Pulau Jawa ini ini memiliki dua hulu sungai yaitu dari Pegunungan Kidul, Wonogiri dan Pronoga, yang bermuara di daerah Gresik. Anda dapat menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu kayu kecil untuk menyeberangi Kampung Sewu dan Bekonang.

Wisata Kuliner dan Tempat Makan di Solo (Surakarta)

Serabi Solo
Makanan ringan khas Solo ini  terbuat dari  tepung beras dicampur dengan santan dan digoreng diatas arang, mirip pannekoek.  Biasanya serabi Solo ditaburi dengan potongan pisang, nangka, meses dan juga keju. 
Rekomendasi tempat : Serabi Notosuman di Jl Mohammad Yamin.

Nasi Liwet
Makanan khas Kota Solo ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan sayur labu siam, telur, pindang rebus, daging ayam suwir dan kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan) disajikan dengan daun pisang yang dipincuk. Rasanya sangat gurih dan lezat
Rekomendasi tempat : Warung Nasi Liwet Wongso Lemu di Jalan Teuku Umar Keprabon, Solo.

Timlo Solo
Hidangan berkuah bening ini berisi sosis ayam yang dipotong-potong, telur ayam pindang dan irisan hati dan ampela ayam. Terasa nikmat ketika disantap dengan nasi putih bertabur bawang goreng
Rekomendasi tempat: Timlo Sastro Timur di Pasar gede dan Timlo Solo di Jl Urip Sumaharjo.

Wisata Belanja dan Mall di Solo (Surakarta)

Pasar Klewer
Pasar Klewer merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Jawa Tengah yang menjual berbagai tekstil dan batik. Pasar Klewer terletak di dekat alun-alun utara Keraton Kasunan.

Kampung Batik Laweyan
Kampung batik tertua yang terdapat di desa Laweyan ini, memiliki berbagai jenis batik mulai dari batik tulis, batik cap dan printing. Selain Anda dapat berbelanja batik, Anda pun bisa mempelajari cara membuat batik atau berkunjung ke rumah pribadi pelopor perdagangan batik yaitu, Tjokosoemarto. 

Tempat Hiburan Malam di Solo (Surakarta)

Ngarsopura Night Market Solo
Pasar malam yang dibuka secara rutin setiap hari Sabtu – Minggu dari pukul 19.00-21.00 tidak pernah sepi penggunjung. Selain Anda dapat menikmati hidangan khas Solo, Anda pun akan dihibur dengan musik jazz, tarian atau musik etnik dari para seniman di Solo.  

 

Transportasi di Solo (Surakarta)

Bus Tingkat
Keliling Kota Solo akan semakin menyenangkan dengan menggunakan Bus tingkat yang atapnya terbuka bernama bus Werkudara. Bus ini akan mengantar Anda keliling Kota Solo mulai dari Keraton Surakata, Kampung Batik Kauman dan Laweyen, Museum Radya Pustaka dan sejumlah tempat lainnya. 

Kereta Uap “Jala Dara”
Kota Solo masih memiliki kereta uap yang beroperasi untuk memanjakan para wisatawan menikmati Solo bernama Steam Loco Jaladara atau yang disebut dengan Sepur Kluthu Jaladara. Kereta uap buatan Jerman pada tahun 1986 ini dapat mengangkut hingga 180 orang. 
Tarik satu kali perjalanan pulang pergi:

  • Paket 25 orang penumpang Rp 360.000 per orang
  • Paket 35 orang penumpang Rp 290.000 per orang
  • Paket  80 orang penumpang Rp 150.000 per orang

Railbus “Batara Kresna”
Kota Solo merupakan satu-satunya kota yang masih memiliki jalur railbus di tengah jalanan. Batara Kresna ini memiliki rute Statiun Sukaharjo-Statiun Kota-Stasoun Puwosari- Jogja. Tarif yang dikenakan adalah Rp 10.000-Rp 30.000

Tips Wisata di Solo (Surakarta)

  • Saat berkunjung ke keraton Anda wajib memakai celana panjang dan sepatu. Bila Anda menggunakan celana pendek, Anda dapat meminjam kain bawahan untuk berkeliling di kawasan keraton
  • Bila Anda penggemar batik dan budaya Jawa, Anda wajib hadir di Karnaval Batik Solo di bulan Juni dan Solo Batik Fashion di bulan Juli setiap tahunnya.