Sewa Apartemen, Rumah & Hotel di Cirebon Dekat Makam Aria Wiracula | Travelio.com

MARI BERJELAJAH

Makam Aria Wiracula
Free
Pasar Pagi Kota Cirebon., City Center, Cirebon
Tempat Bersejarah , Wisata Alam
tentang Makam Aria Wiracula

Bagi anda yang suka dengan sejarah, kota yang satu ini bisa menjadi pilihan. Cirebon merupakan kota yang kaya akan sejarah. Hampir di setiap sudut kota ini memiliki cerita untuk dibeberkan, seperti kompleks pemakaan di belakang Pasar Pagi kota Cirebon yang ternyata merupakan Makam Aria Wiracula.

Jika anda belum mengetahui siapa Aria Wiracula, banyak versi yang menyebutkan bahwa Aria Wiracula adalah saudagar dari daratan China bernama Tan Gun We yang datang ke Indonesia bersama teman bisnisnya. Mereka mendarat di pelabuhan Cirebon tahun 1676. Sementara teman - teman Tan Gun We memutuskan untuk melanjutkan perjalanan, Tan Gun We justru tertarik pada Islam yang sedang berkembang sangat pesat di Cirebon. Beliau pun memutuskan untuk mengabdi ke Keraton Kasepuhan. Dikarenakan jasa - jasanya pada perekonomian di Cirebon, Tan Gun We mendapat gelar Tumenggung Aria Wiracula.

Makam Aria Wiracula merupakan makam yang banyak dikunjungi dan diziarahi bukan hanya oleh orang beragama Islam melainkan juga oleh keturunan Tionghoa yang berkepercayaan Kong Hu Cu. Hal ini menjadikan Makam Aria Wiracula ramai pada dua waktu yang berbeda yakni perayaan Maulid Nabi dan perayaan Imlek.

Lokasi Makam Aria Wiracula

Anda tertarik berkunjung ke Makam Aria Wiracula? Silahkan datang langsung ke belakang Pasar Pagi Kota Cirebon.