Sewa Apartemen, Rumah & Hotel di Malang, Jawa Timur | Travelio.com

Berpetualang di Kota Apel

Malang

JAWA TIMUR, INDONESIA

Akomodasi
20 Akomodasi
Objek Wisata
81 Area
Objek Terbaik
Gunung
Zona Waktu
UTC+7
Suhu Siang Hari
25° C
Suhu Malam Hari
22° C

"Rasakan Pesona  “Paris of East Java” yang menawan dan tak terlupakan!"

3

Tentang Malang

Kota yang dikelilingi oleh pegunungan ini memiliki udara yang sejuk. Tidak heran bila Kota Malang menjadi salah satu destinasi untuk berlibur dan bersantai. Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya.

Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Kota Malang juga dijuluki sebagai Kota Bunga karena cita-cita yang merebak di hati warga untuk menyemarakan setiap sudut kota dengan bunga warna-warni. Dengan lokasinya yang berada di dataran tinggi, Anda dapat menemukan berbagai keindahan alam yang begitu mempesona.

Satu lagi julukan Kota Malang yaitu sebagai Kota Apel.  Tidaklah mengherankan bila nama ini disandangkan untuk Kota Malang. Pasalnya, produksi apel di Kota Malang cukup melimpah sehingga berbagai jajanan dari apel dapat Anda nikmati seperti, sari apel, kripik, manisan dan sebagainya. 

Sejarah di Malang

Perkembangan Kota Malang dimulai sejak dioperasikannya jalur kereta api di tahun 1878 pada jaman kolonial Belanda. Sejak saat itu kebutuhan masyarakat pun mulai meningkat sehingga banyak fungsi pertanian yang berubah menjadi perumahan.

Nama Malang sendiri sebenarnya masih belum diketahui artinya. Banyak pendapat yang menduga nama kota Malang berasal dari kata Membantah atau Menghalang-halangi. Kata “Malang” sendiri ditemukan dalam sebuah prastasi yang digunakan sejak abad 12 masehi.

Beberapa bukti keberadaan Kota Malang ditemukan dari Prastasi Ukir yang menceritakan keberadaan Negara di sebelang gunung Kawi hanyalah Malang. Kemudian, pada saat penyerangan kerjaan Demak ke Jawa Timur, diceritakan bahwa ada satu daerah yang tidak dapat dihancurkan yaitu, Malang. Selain itu, di jaman Kerajaan Kediri, Raja Kendiri menghadiahkan tanah di sebelang timur tempat perburuannya yang bernama Malang.

Dari sejarah inilah terlihat bahwa nama kota “Malang” bukan diambil dari bahasa Indonesia yang berarti “nasib buruk” melainkan dari sebuah candi bernama Candi Malangkucecwara.

 

Khas dan Budaya di Malang

Selain memiliki tempat wisata yang menawan, Kota Malang dikenal dengan masyarakat yang religius, dinamis, suka bekerja keras, lugas dan menjunjung tinggi kebersamaan. Anda dapat menikmati berbagai kebudayaan Jawa Timur seperti Ludruk, Ketoprak, Wayang Orang, Wayang Kulit, Reog, Kuda Lumping, Sendra Tari, dan kesenian lainnya di Taman Krida Budaya Jawa Timur.  

 

Wisata Sejarah dan Budaya di Malang

Selain memiliki keindahan alam yang eksotis, Anda juga dapat menemukan berbagai tempat wisata menarik di dalam Kota Malang sendiri, seperti:
Alun-alun Kota Malang
Selain berfungsi sebagai taman kota, alun-alun Kota Malang banyak digunakan banyak orang untuk berwisata, baik warga Malang sendiri maupun wisatawan dari luar kota. Memiliki tempat yang nyaman, tempat ini selalu ramai dikunjungi.

Candi Singosari
Candi peninggalan kerajaan Singosari ini merupakan candi Hindu  dan Budha yang terletak di Desa Candirenggo, kecamatan Singosari. Candi ini ditemukan pada awal abad 18 yaitu, sekitar tahun 1800-1850. 

Balai Kota Malang
Gedung berarsitektur Belanda ini dapat Anda jumpai di lingkaran jalan Tugu Malang. Anda dapat menemukan gedung ini dengan mudah karena berada di jantung Kota Malang dan menjadi salah satu ikon Kota Apel tersebut.

Wisata Alam di Malang

​Pulau Sempu
Terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjung, Wetan, Malang, Pulau Sempu termasuk cagar alam yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur dan Departemen Kehutanan. Untuk mencapai Pulau Sempu, Anda perlu menuju Pantai Sendang Biru terlebih dahulu dengan kendaraan. Kemudian, perjalanan akan dilanjutkan dengan menyewa perahu Rp 100.000 yang biasa dapat menampung 10 orang.
Daya tarik utama dari Pulau yang terletak 80 km dari Kota malang ini adalah Laguna Segara Anakan. Laguna seluas 4 hektar ini menjadi tempat menawan. Belum lagi, pasir putih pantai yang bertemu dengan biru air tenang dan terpisah dari lautan lepas karena letaknya dikeliling batuan karang, membuat Laguna Segara Anak terlihat begitu mempesona.

Gunung Bromo
Terletak di Taman Nasional Bromo, Tengger Semeru, tempat yang dikenal dengan pasir laut yang luas ini memiliki keindahan yang mempesona ketika matahari terbit dan terbenam.

Gunung Semeru
Gunung yang dikenal dengan sebutan Mahameru ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Ketinggian Gunung Semeru adalah 3.676 meter dari permukaan laut. Menurut legenda, kawah yang berada di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Anda dapat melihat keindahan danau di dekat Ranu Kumbolo, yang biasa digunakan sebagai tempat camping. 

Wisata Kuliner dan Tempat Makan di Malang

Seperti kota wisata lainnya di Indonesia, Anda pun tidak boleh melewatkan kelezatan makanan khas Kota Malang berikut ini:
Tahu Petis
Tahu berukuran besar ditambah petis dan cabai rawit ini, menjadi salah satu menu yang wajib Anda cicipi di Rumah Makan Sari Rasa. Terletak di Jl Dr. Wahidin No 61, Anda dapat menikmati kelezatan tahu petis seharga Rp 5.000 per buah. 

Ayam Goreng Tenes
Berbeda dengan ayam goreng lainya, di Rumah Makan Ayam Goreng Tenes Anda dapat merasakan kelezatan ayam kampong yang tidak alot dan memiliki rasa gurih. Kenikmatan tersebut semakin lengkap dengan sambal pencit.
Berlokasi di Jl.Tenes No 12, Malang, rumah makan ini buka dari jam 10.00-14.00 dan 17.00 – 22.00. 

Toko Oen
Terletak di dekat alun-alun Malang, Anda dapat menikmati es krim home-made dengan rasa klasik dan lezat. Tempat ini sekilas mirip dengan Ragusa, tempat es krim yang berada di Jakarta. Selain es krim, Anda juga wajib mencicipi menu bistik lidah yang telah melegenda.
Berlokasi di Jl Pemuda No 52, Semarang Tengah.

Wisata Belanja dan Mall di Malang

Kota Bunga ini tidak hanya memiliki banyak destinasi wisata namun juga dipenuhi pusat perbelanjaan antara lain,
Pasar Besar    
Pasar yang terletak di Jl Pasar Besar kota Malang ini merupakan salah satu pasar tradisional terbesar dan terlengkap di Malang

@MX Mal
Pusat pertokoan yang baru dibuka pada tahun 2010 ini memiliki pertokoan lengkap. Terletak di Jalan Veteran no 8, Malang.

Mall Olympic Garden
Mall yang dikenal sebagai MOG ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Malang. Berlokasi di Jl Kawi No 24, Malang, Mall ini memiliki toko dari berbagai fashion terkenal. 

Tempat Hiburan Malam di Malang

Lego House Café
Anda dapat menikmati suasana malam di Kota Malang sambil ditemani dengan aneka permainan seru di Lego House. Dengan konsep Lego dan Boardgames pertama di Kota Malang, Anda akan betah berlama-lama untuk nongkrong atau berkumpul bersama teman-teman. Lego House Café berlokasi di Jalan Esberg W1/8 Tidar, Malang.

Smooth Café
Salah satu tempat favorit hang out anak-anak muda di Malang yang memiliki tempat biliard dan ruang karaoke ini terletak di Jl. Terusan Dieng No 36, Sukun, Malang persis di depan Dieng Plaza. 

Coffee Story
Buat Anda penggemar kopi, Anda wajib datang ke kafe ini. Selain memiliki kelezatan kopi, Anda akan melihat konsep Coffee Story yang dibuat berbeda dari kafe lainnya di Kata Malang yakni, Café, Resto dan education, dimana Anda dapat belajar banyak tentang kopi. Terletak di Jalan Kawi Atas No 23, Coffee story buka dari pukul 11.00 siang hingga 12 malam. 

Alun-alun Malang
Pada malam hari, Alun-Alun Malam dipenuhi jajanan kaki lima, baik makanan maupun souvenir untuk oleh-oleh. 

Transportasi di Malang

Taksi
Bila Anda menginginkan kenyamanan ketika mengelilingi Kota Malang, transportasi taksi dapat menjadi pilihan yang tepat. Kota Malang memiliki 4 perusahaan taksi yang beroperasi antara lain, Citra Ken Dedes, Argo, Mandala dan Bima.

Angkot 
Seperti di kota besar lainnya, Anda pun dapat menikmati keindahan Kota Malang dengan menggunakan mikrolet yang memiliki 25 rute. Angkot-angkot ini beroperasi hingga pkl 21. 00.

Tips Wisata di Malang

  • Bila Anda ingin mengunjungi Pulau Sempu, Anda perlu memiliki surat izin masuk untuk kawasan konservasi dan membuat janji terlebih dahulu. Pasalnya, Pulau sempu merupakan cagar alam.
  • Letaknya yang berada di dataran tinggi, Anda perlu menyiapkan pakaian hangat secukupnya. 
  • Di Malang, Anda dapat melakukan wisata petik buah Apel di sejumlah perkebunan apel di Kota Batu.