Sewa Apartemen, Rumah & Hotel di Bali | Travelio.com
Pulau Dewata yang Memikat!

Bali

BALI, INDONESIA

Akomodasi
20 Akomodasi
Objek Wisata
503 Area
Objek Terbaik
Pantai
Zona Waktu
UTC+8
Suhu Siang Hari
33° C
Suhu Malam Hari
23° C

"Jelajahi keindahan eksotis Bali lebih dari melihat kecantikan alam, namun juga menemukan banyak ide-ide menarik dalam kehidupan!"

3

Tentang Bali

Pulau yang dijuluki sebagai pulau dewata ini merupakan tempat wisata yang paling terkenal di seluruh Indonesia. Dengan keindahan alam yang eksotis serta budaya yang kental,  Bali tidak pernah sepi pengunjung, baik turis local maupun mancanegara. Tidak hanya itu saja, Pulau Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu ini, juga memiliki banyak kuliner yang khas. Salah satunya Ayam Betutu yang dapat dicipi dimasak dengan bumbu rempah khas Bali. 

Sejarah di Bali

Diperkirakan pada 3000-2500 SM, penghuni pertama datang ke Pulau Bali. Berakhirya zaman prasejarah tersebut pada tahun 100SM, datanglah orang-orang hindu dari India. Tidak heran bila kebudayaan Bali kemudian mendapatkan pengaruh kuat dari kebudayaan India.

Sekitar tahun 1343 SM,  kerajaan Majapahit yang beragama Hindu dan berpusat di pulau Jawa, mendirikan kerajaan bawahan di Bali. Ketika itu, Kerajaan Majapahit berhasil mengalahkan Kerjaan Pejeng di Bedulu yang terletak di sebelah timur Ubud. Dari sinilah, berbagai kebudayaan Bali kemudian lahir dan berkembang.

Nama Bali untuk pulau yang dikenal dengan pulau Dewata ini ditemukan dalam Prastasi Raja Jayapangus yaitu dalam prastasi Buahan D (1103 Saka). Dalam prastasi tersebut ditemukan kalimat yang berbunyi sumber penghidupan demi pertumbuhan setiap penduduk di Pulau Bali.  

Khas dan Budaya di Bali

Kebudayaan dan adat istiadat Bali erat dengan kehidupan religius agama yang dianut mayoritas masyarakatnya yaitu, agama Hindu. Hal ini tercermin dari pola kehidupan,pola pemukiman, lembaga kemasyarakatan dan kesenian masyarakat Bali. Melihat hal tersebut, tidak heran bila saat Anda berkunjung ke Bali, Anda akan menemukan kehidupan desa yang terorganisir dan begitu harmonis.

Selain budaya kehidupan masyarakat, Bali pun memiliki alat musik traditional yang biasa digunakan untuk mengiringi  seni tari, drama gong, wayang maupun keperluan upacara agama. Alat Musik tersebut antara lain, Gamelan, Rindik, Ceng-ceng, Pereret dan Gong.

Wisata Alam di Bali

Bagi Anda pecinta pantai, berikut beberapa pantai yang wajib dikunjungi karena menyimpan keindahan yang tiada duanya.

Pantai Kuta

Terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, pantai ini merupakan tempat favorit para wisatawan. Baik yang ingin berjemur maupun melihat keindahan ombak di tengah lautnnya.

Pantai Sanur

Tempat primadona para wisataawan ini memiliki panorama matahari terbit yang sangat indah. Tidak heran bila pada pagi hari pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang berjalan sambil menunggu matahari tersenyum.

Pantai Legian dan Seminyak

Pantai yang menjadi tempat favorit untuk memotret sunset ini memiliki suasana yang begitu tenang dan pasir yang sangat bersih.

Pantai Nusa Dua

Selain Anda bisa melihat pemandangan lepas pantai dan garis laut yang sangat indah, Anda juga bisa menikmati olahraga airnya seperti banana boats, jetski dan snorkeling.

Pantai Lovina

Selain terkenal dengan pasir hitamnya, Anda bisa melihat atraksi lumba-lumba yang sering bermain ke pantai ini.

Pantai Dreamland

Bagi Anda pecinta surfing, pantai ini menjadi tempat favorit para surfer yang asik bermain dengan ombak. Tidak hanya memiliki pasir putih yang eksotis, Pantai ini pun dikelilingin dengan keindahan karang-karang besar yang indah.

Selain Anda dapat melihat keindahan pantai yang eksotis,  Anda juga dapat merasakan kesejukan di daerah pegunungan yang menawan, antara lain:

Gunung Batur

Gunung yang memiliki ketinggian 1718 Meter dari permukaan laut ini dan terletak di Kintamani, merupakan gunung tertinggi kedua di Bali. Untuk mendakinya hingga ke puncak, Anda membutuhkan waktu sekitar dua jam. Di puncak itulah, Anda dapat melihat keindahan matahari terbit dan pemandangan Bali yang begitu mempesona.

Ubud

Pesona sawahnya yang berundak-undak dan keheningan yang ditawarkan menjadikan Ubud sebagai daerah penggunugan primadona di pusat nadi Pulau Dewata. Selain keindahan alamnya, Ubud juga terkenal dengan keanggunan budaya.

Wisata Sejarah dan Budaya di Bali

Pura Besakih

Pura yang terletak di Desa Besakih, Karangasem, merupakan pura terbear dan menjadi pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Selain menjadi tempat ibadah, Pura ini memiliki latar belakang yang berkaitan dengan makna Gunung Agung, gunung tertinggi di Pulau Bali yang dipercaya sebagai pusat Pemerintahan Alam Arwah, Alam Para Dewata dan menjadi utusan Tuhan untuk wilayah pulau Bali dan sekitarnya.

Pura Luhur Uluwatu

Terletak di atas tebing yang menjorong ke laut, Pura ini menjadi tempat yang tepat untuk melihat keindahan matahari tenggelam sambil menonton pertunjukan Tari Kecak. Harga tiket masuk Pura Uluwatu adalah Rp 15.000 (Dewasa), Rp 5.000 (anak-anak), dan tiket nonton Tari Kecak Uluwatau adalah Rp 100.000.

Pura Luhur Tanah Lot

Ada dua pura di tempat ini yaitu, diatas bongkahan batu dan satu lagi dekat dengan tebing, mirip Pura Uluwatu. Tanah Lot merupakan objek wisata yang paling terkenal, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pura Ulun Danu

Terletak di tepi barat laut Danau Bratan di penggunungan tepat Bedugul, Pura Ulun Danu Bratan atau Bratan Pura merupakan candi air terbesar di Bali. Anda perlu menggunakan pakaian hangat saat berkunjung ke Danau Bratan yang dikenal sebagai danau “gunung suci” karena wilayah ini beriklim sangat dingin.

Kawasan Ubud

Kecamatan yang terletak di Kabupaten Gianyar terletak di dataran tinggi yang sejuk. Dengan menggunakan sepeda ataupun berjalan kaki, Anda dapat merasakan pesona Ubud yang begitu kental. Tidak heran bila kawasan ini dikenal sebagai tempat memberikan ketenangan. Di Ubud, Anda pun dapat melihat berbagai kebudayaan Bali mulai dari sanggar tari hingga galeri seni. 

Wisata Kuliner dan Tempat Makan di Bali

Bila Anda penyuka makanan pedas, Anda wajib mencicipi masakan khas Bali yang kaya dengan rasa bumbu-bumbu traditional yang tajam.

Bebek Betutu

Makanan khas daerah Gianyar ini dimasak dengan cara yang unik. Dengan dibungkus daun pisang atau  pelepah pinang dan dibumbui dengan rempah-rempah, menjadikan makanan ini terasa gurih, pedas dan sangat lezat.

Restoran favorit : Bebek Bengil,  Jalan Hanoman, Padang Tegal, Ubud Asli Bali dan  Jalan. Gelumpang, Desa Gelumpang, karangasem.

Babi Guling

Satu lagi makanan khas kabupaten Gianyar yaitu, Babi Guling. Terbuat dari anak babi yang perutnya diisi dengan bumbu dan sayuran seperti, daun ketela pohon dan dipanggang sambil diputar-putar, menjadi makanan ini wajib dicicipi saat berkunjung ke Bali.

Restoran favorit : Babi Guling Ibu Oka, Jl. Suweta 2, Ubud, Bali, Indonesia

Sate Lilit

Sate yang terbuat dari ikan yang dihaluskan lalu diberikan bumbu ini, memiliki rasa khas perpaduan pedas, wangi, manis dan gurih.  Sate lilit khas Bali ini pun tergoling sehat karena rendah lemak.

Restoran favorit : Warung Jegeg Bulan, Jl. Poppies II, Bali, Indonesia

Nasi Jinggo

Nasi putih yang disajikan dalam bungkus daun pisang dengan lauk pauk dan sambal ini, akan mengingatkan Anda pada nasi kucing khas angkringan Jawa Tengah.

Restoran favorit : Nasi Jinggo Bu Sarmi, Jl. Setiabudi, Denpasar, Bali

Wisata Belanja dan Mall di Bali

Pasar Seni Sukawati
Bila Anda ingin berbelanja lukisan dan hasil karya seni lainnya, Anda wajib mengunjungi Pasar Seni Guwang Sukawati ini.

Discovery Shopping Mall
Mall yang memiliki akses ke pantai Kuta ini terletak di jalan Kartika Plaza sebelah Musro dan Hotel Kartika Plaza. 

Krisna
Tempat yang terletak di jalan Nusa Kambangan, dekat daerah Denpasar ini merupakan tempat oleh-oleh khas Bali.

Beach Walk
Jalan-jalan ke Pantai Kuta tidak akan terlepas dari pusat hiburan malam. Mall yang memiliki konsep menarik ini, merupakan salah satu mall besar di Bali.

Matahari Mall Bali Galeria
Dengan moto One Stop Shopping,  Anda dapat menemukan apapun di mall ini. Mall modern yang dibangung dengan arsitektur Bali berpadu tema tropis, membuat mall ini berbeda dari lainnya. 

Tempat Hiburan Malam di Bali

Anda dapat menikmati berbagai hiburan malam di Bali yang tersebar di beberapa wilayah berikut :
Kuta

Eikon yang menyuguhkan konsep colonial klasik dengan tumpukan bata merah dan bangunan terbuat dari kayu.  Terletak di Jalan Legian No 178, Kuta, Bali.
Metis, klub yang terlihat seperti Art Workshop ini memiliki koleksi anggur yang dapat dinikmati sambil mendengarkan alunan music dari DJ. Terletak di Jalan Petinget, No 6, Kerobokan Kelod, Kuta, Bali.

Ubud  
Jazz café merupakan café pertama di Bali yang menyuguhkan Jazz Live music. Terletak di Jl. Sukma, Br. Tebesaya, Ubud, Bali.      

Seminyak
KU DE TA, klub yang pernah mendapatkan penghargaan dari Wine Spectator dan The Miele ini menyajikan makanan dari berbagai Negara seperti, Prancis, Jepang, Amerika, Maroko dan Thailand. Terletak di Jl. Kayu Aya 9, Seminyak, Bali. ia.

Transportasi di Bali

Taksi

Kendaraan ini sering dijadikan sarana transportasi di kawasan Denpasar. Tarif awl taksi di Bali saat buka pintu adalah Rp 7.000,- dan Anda dapat berkeliling ke luar selatan Bali, dengan biaya tambahan 30%.

Sepeda Motor

Bila Anda mengenal jalan di Bali, Anda bisa menyewa sepeda motor. Harga sewa motor berkisar Rp 50.000-70.000 per hari, tergantung jenis motor.  Namun bila tidak, Anda  dapat berkeliling Bali dengan menggunakan ojek.

Mobil

Berbagai pilihan mobil disewakan di Bali berkisaran mulai dari Rp 450.000-500.000 per 10 jam, sudah termasuk dengan supir, namun belum termasuk bensin. Untuk mencari sewa mobil, Anda bisa meminta bantu dari hotel atau melakukan reservasi via online.

Tips Wisata di Bali

  • Hindari hari liburan nasional. Pasalnya, saat liburan nasional, pulau Bali akan dipenuhi oleh banyak turis.
  • Berhati-hatilah saat berjalan di Bali karena banyak jalur satu arah di tempat ini.
  • Pesanlah hotel sebelum berangkat untuk mempermudah Anda menemukan hotel dengan lokasi strategis dan nyaman.
  • Saat berjalan kaki di Bali, jangan sampai menginjak canang sari (sesajen Hindu Bali) yang  banyak terdapat di sepanjang trotoar.
  • Gunakan pakaian tipis dan oleskan waterproof sunblock ke kulit Anda, terutama sehabis berjemur di Pantai.
  • Bali tidak memiliki banyak transportasi umum. Untuk mengelilingi pulau ini, Anda bisa menyewa mobil, motor ataupun sepeda.