Sewa Villa Harian di Balikpapan | Selalu Ada Diskon Untuk Member
Kota Bersih, Indah, Nyaman dan Aman

Sewa Villa Harian di Balikpapan

- Akomodasi yang sama. Harga Lebih Murah.

Kota terbesar di Kalimantan Timur ini sering disebut sebagai Kota Minyak. Tidak heran bila kota ini disebut-sebut sebagai kota termahal di Indonesia.  Selain memiliki sumber daya minyak, Kota Balikpapan juga telah memiliki fasilitas lengkap untuk para wisatawan yang ingin berlibur. Mulai dari hotel berbintang hingga pusat perbelanjaan. 

Ada beberapa cerita rakyat yang memiliki asal usul kota yang berada di pesisir timur Kalimantan ini. Salah satunya cerita Suku Pasir batik yaitu suku asli Balikpapan. Disebut-sebut, Suku Pasir Batik merupakan keturunan kakek dan nenek bernama Kayun Kuleng dan Papan Ayun sehingga keturunannya menyebut daerah disepanjang Teluk Balikpapan  sebagai Kuleng Papan (dalam bahasa Paser, Kuleng artinya Balik).

Kota Balikpapan memang tidak bisa dipisahkan dari Minyak. Sumur Minyak Mathilda merupakan sumur pengeboran perdana pada tanggal 10 Febuari 1987 di kaki gunung Komendur di sisi imur Teluk Balikpapan. Hari tersebut juga merupakan hari jadi Kota Balikpapan. 

Setiap tahunnya Kota Balikpapan dapat menghasilkan 86 juta barrel minyak. Perkembangan industri inilah yang membuat Kota Balikpapan menjadi kota industri yang memiliki Bandar udara international, pelabuhan dan sejumlah hotel. Namun, saat ini Balikpapan tidak lagi beroriantasi pada pengeboran tetapi pada jasa pengelolahan minyak mentah.

Banyaknya pendatang di Kota Balikpapan telah membawa keberagaman penduduk yang terdiri dari berbagai etnis, adat istiadat dan agama. Keberagaman inilah yang  membuat masyarakat Balikpapan mampu tinggal secara harmonis sehingga Kota Balikpapan dikenal sebagai Kota Bersih, Indah, Aman dan Nyaman. 

Kilang Minyak Balikpapan
Sebagai kota yang terkenal dengan pertambanganya, Anda wajib mengunjungi sumur minyak pertama yang ditemukan oleh perusahaan minyak Matilda pada tanggal 10 Febuari 1987.  Meski tertutup untuk umum dan tidak diperbolehkan mengambil gambar di wilayah ini, namun kilang minyak ini selalu ramai pengunjung yang ingin melihat.

Taman Bekapai
Taman yang memiliki sebuah patung atau monument perunggu berbentuk abstrak dan ada air mancurnya ini merupakan salah satu landmark kebanggaan warga Balikpapan. Taman Bekapai terletak di pusat Kota Balikpapan. 

Kampung Atas Air Margasari
Perkampungan yang dibangun tahun 2000 ini merupakan salah satu perkampungan di atas air yang menyerupai kota venice. Disini Anda dapat bersantai, berinteraksi dengan warga dan juga memancing. 

Penangkaran Buaya Teritip
Letaknya tidak jauh dari Pantai Lamuru. Disini Anda dapat melihat lebih dari 1.500 ekor buaya. Bahkan, Anda pun bisa mencicipi sate buaya. Penangkaran Buaya Teritip buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Pantai Kemala
Tempat yang terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Jend. Sudirman ini menjadi tempat wisata favorit bagi warga maupun para turis. Disini Anda akan disuguhkan dengan keindahan pasir putih, ombak kecil hingga pemandangan matahari terbenam.

Hutan Wanawisata
Kawasan hutan lindung ini cocok untuk menjadi tempat piknik bersama keluarga. Hutan Wanawisata ini dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dari pusat kota Balikpapan. Jam buka tempat wisata ini adalah 08.00- 17.00 dengan tiket masuk Rp 10.000. 

Kepiting
Wisata kuliner kepiting wajib masuk dalam agenda Anda ketika jalan-jalan di Kota Balikpapan. Salah satu restoran yang terkenal adalah Rumah Makan Danito yang terletak di Jl. M. Iswahyudi, Gunung Bakaran, Balikpapan. 

Pasar Klandasan
Pasar dengan pemandangan indah Kota Balikpapan ini terletak di dekat pinggir pantai. Anda dapat membeli berbagai kebutuhan rumah tangga mulai dari makanan, ikan segar sayur, buah, hingga pakaian.

Pasar Inpres Kebun Sayur
Ingin membeli batu akik, safir, delima atau berlian? Disinialah tempat yang wajib Anda kunjungi. Pasar Impres Kebun Sayur ini hanya berjarak satu jam perjalanan dari Bandara Sepinggan. 

Angkutan Kota
Seperti pada kota besar lainnya di Indonesia, mikrolet atau angkot merupakan angkutan umum paling murah yang dapat digunakan untuk berkeliling Kota Balikpapan. Ada tujuh nomor mikrolet di Balikpapan yang tarifnya mulai dari Rp 3.000 per orang hingga Rp 10.000 bila tujuan Anda lebih dari 15 km. Penduduk setempat menyebut mikrolet sebagai “taksi.”

Taksi 
Untuk membedakan dengan mikrolet, taksi di Balikpapan disebut ‘taksi argo.’ Ada 4 perusahaan taksi di Balikpapan yaitu, Borneo Taxi, Global Taxi, Mawar Taxi dan Kalung Mas Taxi. 

  • Ketika Anda berbelanja di Pasar Inpres Kebun Sayur, Anda dapat menawar sebebasnya. Sebaiknya, gunakan bahasa setempat seperti Bahasa Kutai, Bahasa Paser, dan Bahasa Banjar agar Anda bisa memperoleh harga yang terbaik.
  • Di Kota Balikpapan Anda akan terbiasa mendengar kata “nah”, “kah” atau “itu sudah.” Misalnya, “barang ini nah bagus,” – kata nah ini berarti “lho” dalam bahasa Indonesia.  
  • Tidak jauh dari Balikpapan, Anda bisa menikmati keindahan kepulauan Derawan yang sangat indah dengan menggunakan jalur darat menuju Berau.